Wednesday, April 4, 2012

Penerapan TIK diSektor Pendidikan dan Pembangunan

PKali ini saya akan membahas Penerapan TIK yakni di bidang Pendidikan dan bidang Pembangunan. Sebenarnya, masih banyak sektor lain yang juga berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, misalnya bidang pertahanan keamanan, bidang transportasi, bidang sosial dan lain sebagainya. 


1. Bidang Pendidikan

Kualitas suatu negara, sangat ditentukan dari kualitas para generasi penerusnya. Dalam hali, maka generasi penerus harus dibkeali dengan salah satu ilmu teknologi, seningga nantinya dapat bersaing dengan negara lain dan juga tidak ketinggalan teknologi yang ada. Hal ini karena teknologi dari waktu ke waktu terus berkembang dan bertambah.

Tujuan dari pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan adalah :

a. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah, sehingga siswa termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajarinya. Maksudnya adalah, dengan mempelajari teknologi ini, siswa diharapkan dapat ikut serta menjadi bagian dari proses berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi melalui penelitian yang dilakukan dalam dunia sekolah.

b. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk belajar dan beraktifitas sehari-hari. Maksudnya adalah, siswa dapat mengimplementasikan apa yang dipelajari di dunia sekolah untuk dapat membantu mempercepat pekerjaan sehari-hari.

c. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis teknologi, sehingga proses belajar terasa lebih menarik dan siswa menjadi terampil dalam berkomunikasi. Maksudnya adalah, tiap siswa akan merasa semangat dan tertarik dalam mempelajari hal-hal mengenai teknologi informasi dan komunikasi,karena saat ini siswa lebih cenderung menyukai materi yang update sesuai perkembangan jaman yang ada.



2. Bidang Pembangunan

Kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi sangat berpengaruh terhadap pembangunan disektor lainnya. Hal ini karena teknologi ini adalah jalan awal untuk pembangunan yang lainnya.

1. Sektor ekonomi

Khususnya untuk menunjang bidang perdagangan, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, maka cara dan prosesnya menjadi cepat dan mudah. Iklan dan cara pembayarannyapun semakin praktis. Iklan bisa melalui media internet ( tokobagus.com ), dan untuk pembayaran bisa melalui e-banking.

2. Sektor Kesehatan

Sekarang ini, dalam setiap pemeriksaan kesehatan, telah dilakukan dengan sistem komputerisasi. Misalnya saja pemeriksaan kandungan, proses operasi dan lain sebagainya. Dengan menggunakan teknologi inilah, layanan kesehatan menjadi semaikn cepat dan jug atingkat keakuratan lebih tinggi bila dibandingkan dengan menggunakan cara analog.

3. Sektor Pariwisata

Dengan menggunakan teknologi informasi yang sangat modern saat ini, berbagai cara penyebaran informasi pariwisata semaikn mudah. Setiap daerah dapat memberikan informasi pariwisata didaerahnya kepada dunia luar secara detail dan mudah. Sehingga, sektor pariwisata nantinya akan semakin berkembang dan menghasilkan pemasukan bagi daerah tersebut sekaligus menaikan tingkatan ekonomi masyaraakatnya, karena pastinya akan membuka lapangan pekerjaan disektor pariwisata.


Related Post:

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons