Saturday, April 28, 2012

Bagaimana Aplikasi Penghemat Baterai Bekerja

Ada beberapa aplikasi penghemat baterai yang tersedia di Market, diantaranya yang cukup populer adalah Juice Defender dan Mugen Power. Bagi sementara orang program ini dirasa cukup berguna, namun tidak sedikit pula yang meragukan efektifitas program ini. Karena itu ada baiknya kita memahami dahulu bagaimana cara kerja program ini.
Android adalah device yang terus-menerus online, karenanya wajarlah bila sangat boros baterai. Disini kita dihadapkan pada pilihan antara mengaktifkan semua fungsi android tapi boros baterai, atau mematikan sebagian fungsi supaya irit baterai. Nah prinsip kerja aplikasi penghemat baterai adalah kompromi diantara keduanya, yaitu dengan cara menidurkan sebagian fungsi android saat device dalam kondisi lock/layar padam. Dengan demikian konsumsi baterai menjadi lebih irit.
Program aplikasi penghemat baterai akan mengatur penggunaan paket data, wifi, dan aplikasi lainnya agar lebih efisien.Program mulai bekerja pada saat device dalam kondisi terkunci dan layar padam. Secara otomatis program akan menidurkan (idle) beberapa fungsi di android seperti internet, wifi dan beberapa aplikasi lainnya (bisa kita tentukan) yang berpotensi memboroskan baterai.
Tapi bukan berarti internet diputus sama sekali, secara otomatis pula program akan menyambungkan kembali internet setiap interval tertentu, misal 30 menit sekali (bisa kita set), agar email, message, twitter dan notifikasi lainnya tetap bisa masuk.
Fungsi Internet dan aplikasi dimaksud baru dimatikan total apabila kapasitas baterai kurang dari 30% (batas ini bisa di set), agar kita bisa memperpanjang battery time apabila sewaktu2 diperlukan panggilan telepon.
Program juga akan mematikan total internet disaat jam kita tidur/beristirahat, misal pukul 00.00-06.00 (cara mematikan internet saat jam istirahat juga mulai diterapkan di cm7 versi terakhir, tujuannya tidak lain untuk menghemat baterai).
Demikian uraian singkat mengenai cara kerja aplikasi penghemat baterai. Setelah memahami cara kerjanya tentu kita bisa menilai apakah program ini berpengaruh untuk meningkatkan battery time atau tidak. Perlu diingat aplikasi ini hanya berguna bagi yang bersedia dengan kompromi tsb diatas. Tapi bagi yang senang memelototi hape layar nyala terus, browsing, facebook, game jalan terus, tentu program ini menjadi tidak berguna.
Itulah penjelasan. Semoga bermanfaat !.

Sumber : 
http://www.facebook.com/groups/galmin/doc/301994343157569/ (SGMF)
Thanks for : Gatot Dewanto Dan SGMF group FB. 



Related Post:

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons